15 May 2016

Kalimat Yang Mengandung Hubungan Sebab-Akibat Dari Anak 2 Tahun

Beberapa hari yang lalu ketika dispenser di rumah sedang dibersihkan, galon air minum yang masih terisi seperempatnya ayah turunkan. Agar terjaga supaya tidak terkena debu atau benda lain yang membuatnya kotor serta air menjadi tercemar, ayah menutup leher galon dengan cangkir milik Alaric. Ayah ucapkan di depannya,

"Kita tutup galonnya ya. Supaya aman"

Di suatu kesempatan ketika selesai minum, Alaric mengambil piring mainannya untuk menutup galon yang sudah seharian tak ditutup karena memang airnya sudah hampir habis sedangkan cangkir miliknya yang biasa dipakai untuk menutup galon sedang dicuci.

"Tutupin... Aman," katanya. 

Ini suprise sekali. Meskipun dia tidak menemukan cangkirnya, dia mencari benda lain yang bisa dipakai untuk menutup mulut galon.

"Wah.. subhanallah. Alaric tutup galonnya supaya aman," kata ayah.

Dalam tahap main peran, apa yang Alaric lakukan menunjukkan kemampuan menemukan pengganti benda yang mirip yang dapat digunakan untuk fungsi yang sama. Dalam hal ini ada skill making connection yang terbangun.

Di sisi lainnya, Alaric sedang menghubungan dua kata untuk membuat kalimat. Meskipun kadang-kadang di usia 2 tahun ini dia sering membentuk kalimat dengan 3 kata, tapi kalimat yang ini agak sedikit berbeda berhubung terkandung di dalamnya hubungan sebab akibat. Penyebabnya ditaruh benda untuk menutup leher galon, akibatnya air di dalam galon tetap aman.


0 comments:

Post a Comment